Mengenal Monstera Deliciosa

 

Saat ini memelihara dan merawat tanaman dirumah menjadi tren, salah satu tanaman yang banyak diburu adalah monstera delisciosa. Tanaman yang memiliki daun besar ini sangat cocok menjadi hiasan dekoratif didalam maupun diluar rumah. Namun masih banyak sekali orang yang belum mengetahui hal-hal terpenting dari tanaman monstera deliciosa ini.

Monstera deliciosa merupakan tanaman yang berasal dari keluarga aracea, dan tanaman yang tumbuh dengan pencahayaan cerah secara tidak langsung, artinya tanaman monstera deliciosa ini harus terhindar dari cahaya matahari langsung. 

Monstera deliciosa dapat tumbuh subur dalam kondisi tanah yang mempunyai tingkat kelembaban tinggi namun jangan terlalu banyak mengandung air. Apabila tanaman ini ditanam dalam pot usahakan lubang drainasenya lancar. 

Monstera deliciosa berasal dari negara Meksiko selatan dan beberapa wilayah di Amerika selatan, hingga dikatakan tanaman ini merupakan tanaman tropis. Tanaman inipun memiliki akar berbasis tanah namun ada pula yang berbasi dalam sepanjang batangnya yang membantu untuk tumbuh.

Perlu diketahui bersama tanaman ini merupakan tanaman yang beracun khususnya bagi hewan peliharaan dan anak-anak yang dapat membahayakan. Semua bagian dari tanaman ini beracun sehingga tidak aman untuk dikonsumsi. Namun tanaman ini menghasilkan buah yang disebut dengan buah monster, buah monster ini dapat dimakan setelah matang. Jangan memakan buah monster ketika masih mentah karena mengandung asam oksalat yang tinggi sehingga dapat merusak dan mengiritasi tenggorokan.

Dalam habitat yang tepat, tanaman ini dapat berbunga dan tumbuh meruncing yang tidak biasa. 

Cara merawat Monstera Deliciosa

Monstera deliciosa ini membutuhkan suhu kelembaban yang tinggi, sehingga jika tumbuh diluar habitatnya tanaman ini tergolong tanaman yang kurang kuat. 

Jika tanaman ini ditaman diluar ruangan rumah maka hindari terhadap cahaya matahari langsung agar tanaman ini dapat tumbuh dengan baik. Ketinggian tanaman ini dapat mencapai hingga tiga meter.

Tanaman ini juga dapat ditanam didalam rumah namun harus benar-benar diperhatikan tingkat kelembaban dan suhu nya harus sesuai. 

Monstera deliciosa mempunyai masalah dengan pembusukan akar, maka hindari menyirami tanaman ini dengan air yang terlalu banyak. Dan jangan terlalu sedikit juga karena tanaman ini akan layu. Cara terbaik yaitu ketika didalam kedalaman tanah 2 cm sudah terasa kering maka itu adalah waktu yang tepat untuk melakukan penyiraman.

Pada saat musim hujan, kurangi frequensi penyiraman. Tunggu hingga 4 cm kedalaman tanah terasa kering kemudian siram agar tanaman Monstera Deliciosa tidak layu.

Dalam segi kelembaban, kelembaban tinggi memang disukai oleh tanaman ini, namun monstera deliciosa juga dapat mentoleransi kelmbababan dilingkungan sekitarnya yang lebih kering. Demi menjaga kelembaban itu semprotkan air menggunakan selang dalam 2 minggu sekali setiap pagi. Tujuannya agar tanaman tersebut tidak mengering.

Untuk merawat daun, ada cara ekstra yang dilakukan yaitu dengan cara mencampurkan sabun pencuci pring dalam air dan seka daun menggunakan cairan pencuci piring tersebut. Lakukan hal ini sebulan sekali untuk menghindari penumpukan debu dan serangan hama.

Monstera deliciosa juga dapat mentoleransi keadaan tanah yang berpasir, namun yang lebih baik adalah tanah gambut dengan darinase yang baik tentunya. Tanah juga harus memiliki nutrisi yang tinggi dan mampu menahan kelembaban tanpa menjadi basah. Apabila tanah didalam pot tidak mengandung perlit, campyrkan sedikit perlit untuk menambah darinase dalam pot tersebut.

Untuk pupuk sendiri gunakanlah pupuk cair. Caranya yaitu dengan mengencerkan setengah sendok teh pupuk kedalam satu ember air. Kemudian siramkan secara langsung menggantikan penyiraman biasa yang rutin dilakukan. Anda bisa juga menggunakan pupuk yang mengandung magnesium dan nitrogen biasanya pupuk jenis ini akan mudah diterima oleh tanaman. Pilihan lainnya yaitu menggunakan pupuk butiran, taruh 100 gram pupuk butiran diatas tanaman setiap delapan minggu sekali dalam tahun pertama. Kemudian tambah menjadi 450 gram ditahun berikutnya, kurangi pemupukan menjadi 2 kali dalam musim tanam.

Cara memperbanyak Monstera deliciosa

Monstera deliciosa dapat diperbanyak melalui biji maupun stek, biji yang sedikit akan menjadi sulit tumbuh karena tanaman jarang menghasilkan buah dan masa simpannya terbilang pendek.

Memperbanyak monsteraa deliciosa dengan di stek juga harus diambil dari daun yang segar dan sehat, daun juga harus memiliki akar udara yang menempel. 

Potong dengan gunting yang tajam dan pangkas bersih dibawah ruas daun, berhati-hatilah agar potongan tidak mengenai akar. Anda dapat juga segera meletakan potongan daun kedalam air atau tanah yang sudah Anda sediakan. Rooting hormon tidak perlu dilakukan karena monstera deliciosa terhitung cepat dalam mengembangkan akar yang baru.

Pilihan lainnya untuk memperbanyak tanaman ini yaitu dengan cara membelah tanaman menjadi beberapa bagian, terutama pada tanaman yang sudah tua. Potong beberapa akar menjadi beberapa segmen sepanjang 30 centimeter kemudian tanamkan kedalam tanah yang sudah disediakan. Akar baru akan segera tumbuh dan berkembang seiring berjalannya waktu.

Cara mengganti Pot atau media tanam

Pot monstera deliciosa harus diganti setiap dua tahun sekali, apabila terjadi pertumbuhan tanaman yang cepat maka pergantian pot juga harus segera dilakukan. Usahakan pot yang baru lebih lebar dari pot sebelumnya, tujuannya adalah untuk memberikan ruang terhadap pertumbuhan monstera deliciosa tersebut. 

Pastikanlah pot memiliki lubang darinase yang baik dan lancar serta penopang, sebab monstera deliciosa ini bersifat merambat jadi tanaman ini membutuhkan penopang untuk tumbuh.

Setelah pot diganti berikanlah penyiriman yang baik agar tanah terjaga kelembabannya. Penyiraman dan pemupukanpun dapat segera dilakukan seperti sedia kala.

Masalah Monstera Deliciosa

Walupun tumbuhan monstera deliciosa ini dapat tumbuh dengan bebas, terkadang masih ada saja masalah yang datang menghampiri tanaman ini. 

Salah satu masalah yang menhampiri monstera deliciosa ini adalah keadaan daun yang menguning. Masalah ini datang karena tanaman terlalu banyak terpapar sinar cahaya matahari secara langsung. Meskipun keadaan daunnya besar, daun monstera deliciosa ini sangat mudah terbakar oleh sinar matahari. Tanaman ini menyukai cahaya yang terang, namun bukan cahaya sinar matahari langsung.

Dalam kasus lain, menempatkan tanaman pada cahaya yang redup, akan menyebabkan daun berlubang. Kegelapan juga dapat membuat tanaman tumbuh merambat mencari cahaya.

Masalah lainnya adalah keadaan daun yang mengering, ini merupakan pertanda bahwa tanaman mengalami kekurangan air. Oleh karena itu frequensi penyiraman harus ditingkatkan.

Masalah terakhir yang kemungkinan muncul adalah tepi daun berwarna cokelat. Ini pertanda bahwa tanaman kekurangan kelembaban. Semprotkan air kepada tanaman jika terjadi seperti ini.

Saat berbicara soal hama, monstera deliciosa ini jarang terserang oleh hama, kecuali tungau laba-laba yang menyebabkan bercak kuning pada daun monstera. Tungau sendiri dapat menyedot kelembaban dari daun hingga menyebabkan daun menguning. Cara mengatasinya yaitu dengan mengoleskan minyak mimba pada semua permukaan daun. 

Hama lain yang mengganggu tanaman monstera deliciosa adalah kutu putih, hama ini menempel pada permukaan daun dan batang dan menyedot kekuatan tanaman. Cara mengatasinya yaitu dengan memberikan cairan insektisida untuk membasmi hama itu sendiri. 

Demikianlah artikel Mengenal Monstera Deliciosa ini, semoga dapat bermanfaat untuk semua.

1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama