Hutan

Hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi oleh tumbuhan dan pepohonan dengan sangat lebat. Selain itu hutan juga merupakan tempat tinggal bagi berbagai jenis satwa mulai dari mamalia, burung hingga reptil. Kawasan luas tersebut sangat banyak terdapat didunia, bahkan banyak juga kawasan hutan yang dijadikan sebagai hutan konservasi.

Hutan adalah tanah luas yang ditumbuhi oleh pohon-pohon dan biasanya tidak dirawat oleh manusia. Tumbuhan yang tumbuh di wilayah tersebut biasanya berada di kawasan pegunungan. Itulah arti hutan menuruk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Dalam Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 1999 tentang Kehutananan, hutan adalah suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan. 

Tidak hanya pohon yang berada dalam hutan, namun terdapat pula jenis tanah, tanaman serta kehidupan binatang lainnya yang dapat tumbuh dan berkembang di dalam hutan. Mereka semua akan membentuk sebuah ekosistem hutan yang memiliki hubungan yang kompleks. Cahaya matahari dan karbon dioksida digunakan oleh tumbuhan untuk melakukan fotosintesis agar tumbuhan mendapatkan makanan. Karbon dioksida tersebut diambil dari udara dan sisa pembakaran dalam pernafasan binatang yang tinggal didalamnya serta ditambah mineral dan unsur hara lainnya yang diserap dari dalam tanah. 

Hutan memiliki fungsi yang sangat penting bagi kelangsungan hidup seluruh mahluk termasuk umat manusia di dunia, karenya hutan merupakan satu aspek biosfer Bumi yang sangat penting. Berikut ini adalah fungsi hutan :

  • Sebagai penampung karbon dioksida dan penghasil oksigen
Konsentrasi gas rumah kaca yang terdapat di atmosfer bumi bisa dikurangi oleh hutan, bahkan hutan dapat menurunkan emisi gas rumah kaca tersebut. Hutan juga menjadi penghasil oksigen terbesar sebagai paru-paru dunia yang sangat diperlukan untuk bernafas. 

  • Sebagai habitat hewan dan tumbuhan
Hutan adalah tempat tinggal bagi berbagai jenis hewan dan tumbuhan serta menjadi habitat alamiah mereka,hutan memberikan sumber makanan bagi hewan dan tumbuhan sehingga hutan sangat mendukung untuk melakukan perkembangan dan pelestarian hewan dan tumbuhan tersebut.

  • Sebagai modulator hidrologika
Modulator hidrologika atau membantu menyimpan cadangan air tanah. Hutan dapat berfungsi untuk membantu menyimpan cadangan air tanah. Air hujan akan diserap ke dalam tanah dan disimpan, sehingga tidak mengalir langsung yang dapat menyebabkan berbagai masalah.

  • Sebagai penahan banjir dan tanah longsor
Apabila hutan rusak atau gundul maka hal itu akan memberikan efek yang luar biasa bagi manusia. Sebagai contoh jika hutan mengalami kerusakan dan gundul maka tidak akan ada lagi peresapan air, dan air seketika akan mengalir langsung ke sungai sehingga tidak ada lagi cadangan air dalam tanah, banjir dan tanah longsor pun akan terjadi karena hutan tidak berfungsi dengan baik.

Hutan dibagi menjadi beberapa jenis, berikut ini adalah jenis hutan :

  • Hutan Lindung
Hutan lindung ialah teritori hutan yang memiliki peranan dasar sebagai pelindungan mekanisme penyangga kehidupan. Mekanisme itu untuk mengendalikan tata air, menahan banjir, mengatur erosi, menahan instruksi air laut, dan memelihara kesuburan tanah. Penentuan hutan lindung dilaksanakan oleh pemerintah atau kelompok untuk melindungi agar beberapa fungsi ekologi khususnya tata air dan kesuburan tanah selalu terlindungi.

  • Hutan Suaka Alam
Hutan suaka alam ialah hutan dengan keunikan tertentu yang memiliki peranan dasar sebagai wilayah pengawetan keberagaman tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya. Hutan suaka alam juga berperan sebagai daerah mekanisme penyangga kehidupan. Hutan suaka alam terbagi dalam hutan cagar alam dan hutan suaka margasatwa.

  • Hutan Wisata
Hutan wisata ini adalah tipe hutan yang dipiara dengan perannya untuk kebutuhan pariwisata. Umumnya dibentuk dengan pemandangan alam yang cantik. Didalam hutan wisata terdapat bermacam ekosistem, seperti hewan dan tumbuhan.

  • Hutan Konservasi
Hutan konservasi ialah wilayah hutan dengan keunikan tertentu yang memiliki peranan dasar sebagai pengawetan keanekaragaman tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya. Hutan konservasi ini sebagai pelindungan peranan keanekaragaman hayati untuk mekanisme penyangga kehidupan di muka bumi. Maka akan terhindar dari kemusnahan penghuni yang berada di dalam hutan tersebut.

Hutan ialah sebuah ekosistem yang kompleks, sebagai rumah untuk ratusan bahkan juga ribuan tipe satwa dan tumbuhan, menyuplai kita dengan air bersih dan angin segar, dan menjaga cuaca serta suhu bumi terus stabil. Lebih dari itu, hutan memberikan penghidupan untuk penduduk yang hidup di dalam dan disekelilingnya, dan kelompok pebisnis yang memanfaatkan hasil hutan sebagai komoditas konsumsi setiap hari. Saat peranan hutan hilang, kerugian akan dirasa oleh seluruh pihak, dari mulai penduduk di tempat sampai penduduk urban.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama