Danau Poso, Danau Berpasir Seperti Pantai

Bila bicara berkenaan dengan danau di Indonesia, nyaris dapat ditegaskan jika nama Danau Toba di Sumatra Utara jadi satu diantara danau yang paling akrab untuk warga Indonesia. Kecuali jadi danau paling besar dan terluas di Indonesia, narasi rakyat dari Danau Toba yang cukup populer membuat nama dari danau ini menempel di telinga warga Indonesia. Tetapi tahukah jika di propinsi Sulawesi tengah ada sebuah danau yang tidak kalah elok dari Danau Toba? Ya, Danau Poso yang berada di Kota Tentena, Kabupaten Poso, Sulawesi tengah ini simpan kecantikan yang tidak kalah bila dibanding dengan danau-danau yang lain berada di Indonesia.

Danau Poso mempunyai panorama menarik dengan bukit-bukit dan hutan yang memagari sekitar danau. Udara sejuk di wilayah ini bawa kesegaran perasaan dan pikiran.

Kekhasan lain Danau Poso, air danau yang sangat jernih walau terjadi banjir pada sungai-sungai yang bermuara ke danau ini. Bahkan juga ada yang menyebutkan jernih air danau ini ialah sepanjang masa. Sekalipun saat musim penghujan, air danau masih jernih.

Ada pada ketinggian kurang lebih 657 mdpl, Danau Poso mempunyai panorama yang cantik dan mengagumkan. Dengan dikitari bukit-bukit dan tempat hutan, pengunjung dapat menikmati panorama alami sekalian kita menghirup udara yang sejuk.

Dengan pantai pasir putih bersih yang memantulkan sinar matahari, dan ekosistem danau yang tetap terlindungi, membuat panorama Danau Poso kelihatan sangat segar.

Danau Poso sebagai danau paling besar ke-3 di Indonesia sesudah Danau Toba di Sumatra Utara dan Danau Singkarak di Sumatra Barat. Danau Poso berada di jalur jalur khusus dari Toraja pada bagian Selatan dan Gorontalo — Manado pada bagian Utara. Danau Poso populer dengan pasirnya yang warna kuning keemasan. Gelombang air di danau ini serupa dengan gelombang laut. Bila jadi perhatian secara cermat, warna air di Danau Poso cukup unik. Pada bagian tepi danau, air warna hijau dan ada ketidaksamaan dengan warna air pada bagian tengah danau di mana air warna biru. Ada dalam ketinggian 657 mtr. di permukaan laut, danau dengan luas selebar 32.000 Ha menghampar luas dari utara ke selatan dan memiliki kedalaman capai 510 mtr.. Santai di saat senja di Danau Poso sebagai aktivitas penting saat bertandang ke danau yang disekelilingnya ada bukit-bukit yang ditanam cengkeh ini.

Dari Kota Palu, Danau Poso bisa dijangkau sesudah menempuh jarak seputar 283 km dengan perkiraan waktu perjalanan darat kurang lebih 8 jam. Bila pergi dari Kota Poso, Danau ini memiliki jarak 56 km dan bisa dilakukan lebih kurang sepanjang 1,5 jam. Kota Tentena tiap tahunnya jadi tempat diadakannnya Festival Danau Poso. Festival ini memperlihatkan pagelaran budaya dari Sulawesi tengah yang mempunyai tujuan untuk menarik kunjungan wisatawan ke daerah ini. Bila memiliki peluang untuk berkunjung ke Danau Poso, janganlah lupa untuk berkunjung tempat Watu Ngonggi atau kelompok batu-batuan besar yang ada dari dalam danau yang bisa keluarkan bunyi saat dipukul. Dan janganlah lupa untuk merasakan ikan sogili bakar sebagai makanan ciri khas Kota Poso.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama