Keindahan Pantai Watu Parunu

Pulau Sumba yang disebut satu diantara pulau sebagai bagian dari daerah Propinsi Nusa Tenggara Timur simpan banyak potensi wisata pantai dengan keadaan alamnya yang tidak kalah cantik bila dibanding dengan beberapa pantai lain di Indonesia. Dari beberapa pantai di pesisir Pulau Sumba, Pantai Watu Parunu yang ada disamping paling timur Pulau Sumba, sebagai salah satunya pantai yang mempunyai pemandangan alam yang cantik. Daya tariknya sanggup mengundang beberapa pelancong untuk rela ke pantai ini yang jaraknya benar-benar jauh dari kota Waingapu, hanya untuk berkunjung dan santai nikmati situasi sore sampai matahari terbenam.

Pantai Watu Parunu ada di daerah Desa Lain Janji, Kecamatan Wulla Waijelu, Kabupaten Sumba Timur. Untuk capai pantai ini, beberapa pengunjung harus tempuh perjalanan sepanjang 135 km dari pusat Kota Waingapu. Berkesan jauh memang, tetapi rasa capek yang dibuat dari lama waktunya perjalanan langsung akan terbayarkan saat datang di pantai itu. Bentangan pasir putih di sejauh bibir pantai dan aksi dari ombak yang beriak kuat jadi obat pembasmi rasa capek dan jemu.

Tebing batu putih yang ada di ujung timur pantai ini jadi salah satunya keunikan Pantai Watu Parunu. Tebing ini tercipta dari formasi beberapa macam batu-batuan. Wujud tebing yang meliuk tercipta karena proses alam, seperti sebuah lukisan Tuhan yang terukir cantik pada bagian ujung pantai. Saat air pantai sedang kering, tebing batu ini bisa dijangkau dengan melalui batu berlubang yang memiliki ukuran lumayan besar.

Nama Watu Parunu sendiri terkait dengan peristiwa alam batu berlubang sebagai kekhasan lain dari pantai ini. Tiap orang yang melalui batu berlubang akan berjalan melewati batu itu dengan menunduk, hingga masyarakat seputar memberikan nama pantai ini dengan Watu Parunu. Yang mana, Watu dengan bahasa di tempat bermakna batu dan Parunu yang memiliki makna harfiah berjalan menunduk.

Area dari Pantai Watu Parunu yang jauh dari pusat perkotaan membuat pengendalian rekreasi di pantai ini belum maksimal. Walau sebenarnya bila diatur secara baik, pantai ini berpotensi menjadi satu diantara bintang dari objek wisata yang berada di Kabupaten Sumba Timur. Karena info yang menyebar berkenaan Watu Parunu belum cepat, membuat pantai ini masih jarang-jarang didatangi pelancong. Situasi hening Pantai Watu Parunu benar-benar pas untuk beberapa orang yang menyenangi ketenangan.

Pulau Sumba seperti permata terselinap Indonesia di Nusa Tenggara Timur. Bertemu langsung dengan Samudra Hindia, membuat alam Sumba cantik tanpa tara. Potensi alam yang asri dan tentunya memikat ini jadi daya magnet beberapa pelancong khususnya beberapa pencinta pantai. Pantai Watu Parunu, panorama garis pantai nya sanggup mengundang beberapa pelancong untuk rela ke pantai ini yang jaraknya benar-benar jauh dari kota Waingapu.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama