Mengenal Beringin Putih (Ficus Benjamina)

Tanaman hias Beringin Putih yang memiliki nama latin Ficus Benjamina ini bisa digunakan sebagai salah satu tanaman penghias pekarangan. Mudahnya berdaptasi dengan lingkungannya membuat Beringin Putih ini banyak di pilih oleh semua kalangan untuk menghiasi taman miliknya.

Beringin Putih atau Ficus Benjamina merupakan suku dari ara-araan atau Moraceae, sering disebut juga sebagai waringin atau ara, tanaman ini memiliki ciri dengan ukuran pohon yang besar dan kanopi yang lebar. Getah yang dikeluarkan oleh daun,akar dan batangnya berwarna putih dan kental. Beringin putih juga dapat ditanam di pot dan bahkan sering dijadikan menjadi objek bonsai bagi para pecintanya.

Selain itu, menurut penelitian ilmiah Fakultas Peternakan Universitas Andalas Beringin Putih ini memiliki nilai manfaat yang sangat besar dan tidak ternilai untuk kelestarian lingkungan atau ekologi yang berkaitan dengan konservasi flora dan fauna, hidrologi dan biofarma.

Dilihat dari sistem akarnya Beringin Putih ini sangat cocok ditanam ditanah yang miring atau lereng gunung, itu dapat mengurangi potensi tanah longsor dan erosi tanah. Serta sifat Beringin Putih yang selalu menggugurkan daun dapat mengurangi penguapan sehingga tanaman ini mampu membuat cadagan air saat musim hujan, dapat diketahui untuk daerah sekitar pohon Beringin Putih tidak pernah kekurangan air saat kemarau datang.

Jatuhan daunnya dapat menyuburkan tanah dan menambah unsur hara pada tanah karena memiliki banyak kandungan organik di dalamnya. Sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai tanaman konservasi tanah dan air.

Selain itu, Beringin Putih juga mampu menyerap karbon dioksida yang tinggi, pemilihan Beringin Putih untuk digunakan sebagai tanaman yang ditanam di taman kota sangatlah cocok. Disamping beringin putih sebagaai penyerap karbon dioksida tanaman ini juga mampu digunakan sebagai pengatur air, pencegah erosi tanah, pencegah banjir, serta daun yang lebat mampu mengurangi kebisingan bahkan meredamnya.Serta mampu menahan terik matahahari sehingga dapat menurunkan suhu kota.

Beringin Putih adalah pohon besar yang mampu tumbuh hingga ketinggian 20-25 meter, berakar tunggang, berbatang tegak. Pada batangnya akan keluar akar gantung, apabila akar gantung tersebut telah mencapai tanah maka akar gantung akan berubah menjadi batang sehingga dapat menopang cabang pohon diatasnya. 

Beringin Putih berkembang biak secara generatif melalui biji yang ada pada buahnya, tanaman ini juga menggugurkan daun selama musim kemarau. Jenis daunnya merupakan daun tunggal, bertangkai pendek, letaknya bersilang berhadapan. Bunga beringin putih keluar dari ketiak daun, berjenis bunga tunggal. Beringin Putih juga memiliki struktur akar yang mencekram tanah dengan kuat serta lateral dan mampu beradaptasi dengan baik dengan berbagai lingkungan. 

Rata rata usia Beringin Putih terhitung panjang, biasanya hingga mencapai umur ratusan tahun. Beringin Putih juga sering digunakan sebagai tanaman pinggir jalan di kawasan tropis seperi di Indonesia seperti ini. 

Selain manfaat diatas, Beringin Putih juga memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan manusia, tanaman ini sering digunakan sebagai obat influenza, obat radang saluran nafas (Bronkhitis), batuk rejan (Pertusis), malaria, radang usus akut, disentri, dan kejang-kejang pada anak.

Demikianlah artikel Mengenal Beringin Putih ini, semoga dapat bermanfaat untuk semua.

Baca Juga: Mengenal Anthurium

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama