Kumpulan Foto Alam Tropis

 

Iklim tropis adalah sebutan bagi daerah yang memiliki suhu hangat dan disinari oleh sinar matahari sepanjang tahun. Iklim tropis berada di garis ekuator atau khatulistiwa, memiliki luas 40 persen dari total luas permukaan dunia dan menjadi tuan rumah bagi 80 persen keanekaragaman hayati dunia.

Iklim tropis terletak di garis khatulistiwa serta dikenal dengan cuaca yang hangat dan lembap. Suhu udara rata-rata adalah 20°C sampai 30°C. Namun, ketika cuaca tengah terik, suhu bisa naik hingga 32°C sampai 35°C. Wilayah yang memiliki iklim tropis antara lain adalah area Amazon, Brazil, Kongo, Afrika Barat dan Indonesia serta banyak wilayah lainnya di bumi ini.

Tahukah kamu, iklim tropis masih dibagi jadi tiga jenis. Pembagian ini berdasarkan curah hujan yang melanda daerah tersebut. Di antaranya adalah iklim hutan hujan tropis, iklim monsun tropis dan iklim sabana tropis.

Iklim hutan hujan tropis biasanya berada di dekat garis khatulistiwa, antara 10-15 derajat lintang utara ke selatan. Di iklim ini, angin cenderung tenang dengan curah hujan yang tinggi. Curah hujan musiman tergolong berat, sekitar 200 cm per tahun. Di wilayah hutan hujan tropis, musim kemarau paling lama hanya 2 bulan saja.

Negara yang memiliki iklim hutan hujan tropis antara lain Indonesia, Papua Nugini, Kongo, Brunei, Malaysia, Singapura, Filipina, Brazil, Madagaskar, Suriname, Kolombia, Mikronesia, Peru, Srilanka, Fiji, Nikaragua dan lain sebagainya.

Iklim monsun tropis memiliki curah hujan yang melimpah layaknya hutan hujan tropis, namun disinari oleh sinar matahari lebih sering. Iklim ini mengalami suhu hangat sepanjang tahun. Sesaat setelah periode hujan selesai, iklim monsum tropis akan memiliki periode suhu tertinggi.

Terakhir, ada iklim sabana tropis. Ini adalah jenis iklim tropis terkering dan memiliki curah hujan kurang dari 60 mm. Saat musim kemarau, sering terjadi kekeringan parah dan hewan-hewan liar yang tinggal di hutan sabana tropis biasanya berjalan berkilo-kilometer untuk mencari air.


1 Komentar

  1. 10 best youtube videos you can watch on YouTube - Videoodl.cc
    youtube videos you can watch on YouTube. youtube videos you can watch on YouTube. youtube videos you can watch on YouTube. youtube videos best youtube to mp3 you can watch on YouTube. youtube

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama