Ketenangan Di Pulau Hoga Wakatobi

Pulau Hoga sebagai salah satunya pulau cantik yang tergolong ke daerah Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara atau umum disebutkan dengan Taman Nasional Kepulauan Wakatobi. Mempunyai luas seputar 1.390.000 ha yang merupakan kombinasi dari beberapa pulau yang lain, Pulau Hoga berada di sisi timur Pulau Kaledupa. Tidak hanya Pulau Kaledupa, disekelilingnya ada banyak pulau kecil yang lain seperti Pulau Tomia, Pulau Wangi-Wangi, Pulau Binongko dan Pulau Kapota.

Akses untuk ke arah Pulau Hoga bisa diawali dari Kendari atau Bau-Bau lebih dulu, selanjutnya baru menyeberang ke arah Pulau Hoga. Pengunjung dapat sewa speedboat dari pelabuhan di Wanci, Kabupaten Wakatobi dengan ongkos sewa sejumlah Rp 150.000,00 dalam kurun waktu tempuh kira-kira 2 jam lama waktunya.

Pulau Hoga sebagai satu diantara tujuan favorite untuk beberapa pengunjung yang berkunjung Taman Nasional Wakatobi. Di pulau ini pengunjung akan memperoleh kondisi pulau yang tenang, jauh dari keramaian dengan kombinasi barisan pohon kelapa dan bentangan pasir putihnya yang menyelimuti pantainya. Pulau ini benar-benar cocok dinikmati untuk santai sesaat dari kejenuhan kota, sekalian ditemani lembaian angin laut dan deburan ombak yang tidak begitu besar. Dengan situasi tenang itu, cukup banyak beberapa pengunjung yang habiskan waktunya sekedar untuk santai riang dengan keluarga atau rekan satu perjalanan sehabis beraktivitas diving.

Untuk pencinta diving dan bawah laut, ada 29 titik penyelaman yang menyebar di perairan Wakatobi ini, salah satunya ialah Pinnacle, Karang Kaledupa di Pulau Kaledupa dengan ciri khas table coral (karang berupa meja) sama ukuran 2-3 mtr. dan Karang Mari Mabuk di Pulau Tomia. Bahkan juga untuk yang tidak mau beraktivitas diving atau snorkeling, Anda bisa nikmati panorama bawah laut di Pulau Hoga tak perlu menyelam lebih jauh ke dalam. Pulau ini mempunyai 750 spesies koral dari sekitar 850 yang berada di dunia.

Tidak hanya karang dengan semua wujud keunikannya, Anda akan menjumpai bermacam tipe ikan bahkan juga kuda laut yang memiliki ukuran kecil juga berada di pulau ini. Minimal ada kurang lebih 83 tipe ikan berwarna-warni yang bakal pengunjung temui di pulau ini. Saat yang pas untuk berkunjung Pulau Hoga ialah sekitar bulan April sampai Juni atau di bulan Oktober sampai Desember tiap tahunnya. Jika pengunjung tiba di saat yang pas karena itu bisa menyaksikan pertunjukan penyu bertelur di pesisir pantainya.

Jika Anda merencanakan untuk bermalam di Pulau Hoga tak perlu cemas, karena ada beberapa tipe pemondokan atau homestay yang nyaman dan tentu saja bisa disamakan dengan anggaran perjalanan Anda. Ongkos pemondokan di Pulau hoga sekitar dimulai dari Rp 150.000,00 per malamnya, dan sebagian besar tipe pemondokannya dibuat berbahan landasan kayu yang makin menambahkan situasi rumah ciri khas wilayah pantai.

Pulau Hoga populer akan kecantikan gabungan warna langitnya saat senja, benar-benar memikat tiap orang hingga semakin ingin tahu untuk berkunjung pulau cantik ini. Maka masih ragu untuk mengunjungi Pulau Hoga di Wakatobi?

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama