Mengenal Alocasia Amazonica

 

Tanaman Alocasia Amazonica merupakan sebuah tanaman tropis dengan genus Rhizomatous. Tanaman ini memiliki ciri khas berdaun lebar dan termasuk tanaman yang berbunga abadi, tuberous, keluarga araceae. Tanaman Alocasia Amazonica ini berasal dari daerah Asia Tropis sebanyak 79 species dan ditemukan juga di daerah subtropis di wilayah Australia Timur.

Alocasia Amazonica merupakan tanaman hibrida dari Alocasia sanderiana dan Alocasia longiloba, yang sama-sama dari Asia tropis. Tidak hanya itu, tanaman Alocasia amazonica ini masuk ke dalam tanaman hias, yang bisa Anda tanam di pekarangan rumah.

Anda harus tahu bahwa tanaman Alocasia amazonica ini biasanya dipanggil dengan sebutan elephant ear plant, alocasia polly, dan african mask plant.

Ciri-ciri dari tanaman Alocasia amazonica adalah memiliki bentuk daun yang besar dan bervena. Tidak hanya itu, bentuk dari tanaman tropis ini sangat unik, karena berbentuk seperti panah. Memiliki warna kehijau-hijauan.

Ciri khas lainnya dari tanaman Alocasia amazonica ini ditanam baik di dalam ruangan maupun luar ruangan. 

Tahun ini Alocasia amazonica semakin populer karena diburu oleh para pecintanya, tanaman yang mirip dengan caladium ini menjadi populer karena memliki bentuk dan warna yang unik.

Bagaimana cara merawat tanaman Alocasia Amazonica ?

Walaupun pada musim tanam yang pendek, tanaman ini dapat tumbuh dan berkembang dengan sangat cepat. Pada musim panas Alocasia Amazonica dapat menghasilkan daun baru pada setiap minggunya. 

Pada setiap daun yang baru mungkin akan lebih besar dari daun sebelumnya, bentuk daunnya pun bermacam-macam mulai dari bentuk mata panah ramping hingga daun lebar berbentuk hati. Daun tersebut mempunyai alur yang berwarna-warni serta memiliki tekstur dari tebal hingga mengkilap. 

Ketika saat tanaman Alocasia Amazonica berada pada masa tidak aktifnya, yaitu pada musim dingin atau gugur, pertumbuhan pada daun tersebut akan berkurang dan tanaman akan tetap seperti itu dalam sepanjang tahun. Namun Anda harus tetap melakukan perawatan pada tanaman tersebut hingga musim berkembangnya tiba.

Untuk kebutuhan cahaya dari tanaman ini adalah sangat bervariasi, dimulai dari tempat yang teduh hingga sinar cahaya matahari yang penuh, itu semua tergantung kepada varietasnya sendiri.

Dalam proses penanaman Alocasia Amazonica ini diperlukan pot yang berisi tanah yang gembur. Anda bisa mencoba dengan membiarkan tanah beberapa inci menjadi kering sebelum Anda menyiramnya. Ini dilakukan agar kelembapan tanah tetap terjaga. Sebab tanah yang terlalu basah akan menyebabkan tanaman ini lebih rentan terhadap infeksi jamur. 


Alocasia Amazonica merupakan tanaman yang suka dengan air, oleh karena itu siramlah tanaman ini namun jangan terlalu sering. Perlu diketahui juga pada saat musim tidak aktif (dingin) tanaman ini membutuhkan lebih sedikit air dari sebelumnya. Sebagian jenis Alocasia akan mati pada saat cuaca dingin, karena mereka sudah mulai tidak bagus saat suhu sudah mencapai dibawah 15 derajat celicius. Alocasia Amazonica tumbuh subur ditempat yang lembab, oleh karenanya letakanlah pot tanaman ini diatas nampan yang berisi air dan kerikil.

Untuk pemupukannya sendiri gunakanlah jenis pupuk cair agar tanaman mudah menerima pupuk tersebut. Berilah pupuk cair kepada tanaman ini selama musim tanam agar pertumbuhannya semakin baik dan sehat. Pupuk merupakan pilihan yang baik untuk pertumbuhan tanaman Alocasia amazonica. Anda bisa menerapkan pemupukan di atas tanah. Pada 1 bulan sekali, Anda bisa menyiram tanaman selama 5 menit ketika sudah menerapkan pemupukan dalam 2 hari terakhir. Fungsi dari melakukan penyiraman selama 5 menit ini digunakan untuk memberikan garam mineral.

Apabila Alocasia Amzonica ini telah tumbuh besar, pindahkanlah pot kedalam ukuran yang lebih besar, agar tanaman ini dapat tumbuh dengan sempurna.

Demikianlah artikel Mengenal Alocasia Amzonica ini, semoga dapat bermanfaat untuk semua.

Baca Juga : Mengenal Monstera Deliciosa

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama