Mendaki Gunung Bulusaurang

Sulawesi Selatan simpan bermacam jenis potensi wisata dimulai dari wisata bahari sampai wisata budaya. Dimulai dari keramaian Pantai Losari di Kota Makassar, Tana Toraja dengan ritual-ritual budayanya, dan bentangan cantik Karst Maros yang disebut pegunungan karst paling besar ke-2 di dunia. Sulawesi Selatan datang dengan bermacam lokasi yang tawarkan keelokan dan daya tarik dari tiap-tiap daerahnya. Tetapi, bila kebenaran lagi ada di Propinsi Angin Mamiri ini dan pernah berkunjung beberapa tempat yang disebut sebelumnya, Gunung Bulusaraung sebagai opsi pas untuk rasakan kesan lain dari rekreasi yang berada di Sulawesi Selatan. Dengan ketinggian 1.535 mtr. di permukaan laut, gunung ini menyajikan rintangan dan penjelajahan yang bisa menambahkan serunya berlibur anda. Gunung ini masuk di dalam teritori Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung yang populer sebagai habitat dari bermacam jenis tipe kupu-kupu.

Ada di daerah Desa Tompio Bulu, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep, Gunung Bulusaraung jadi satu diantara gunung favorite untuk beberapa pendaki di Sulawesi Selatan. Titik awalnya pendakian dari gunung ini bisa dilakukan dengan waktu seputar dua 1/2 jam dari pusat Kota Makassar. Meskipun ketinggiannya tidak demikian menonjol bila dibanding dengan gunung-gunung yang lain di Indonesia, tetapi mendaki Gunung Bulusaraung bukan hal yang gampang. Sejauh lajur pendakian ke arah puncak gunung ini, bisa ditemui bermacam jenis tipe tumbuhan dimulai dari pohon rotan, kemiri, dan kelapa. Disamping itu, Gunung Bulusaraung jadi habitat asli beberapa fauna seperti kera hitam, musang, dan bermacam tipe kupu-kupu.

Lajur ke arah pucuk Gunung Bulusaraung dipenuhi dengan batu-batuan dengan medan yang cukup curam. Lajur ini pasti mengetes ketahanan fisik dari beberapa pendaki. Gunung Bulusaraung mempunyai sepuluh pos peristirahatan terhitung pos paling akhir yang ada di puncak. Pos ke-9 umumnya dipakai sebagai tempat kemping untuk beberapa pendaki yang ingin nikmati peristiwa matahari terbit di puncak gunung. Perjalanan dari pos ke-9 ke arah puncak Gunung Bulusaraung memerlukan waktu seputar tiga puluh menit. Pucuk dari Gunung Bulusaraung diikuti karena ada pemancar radio punya BTNBB. Di atas puncak, pendaki bisa melihat panorama cantik dari bentangan Karst Maros sebagai bonus pendakian ke gunung ini.

Berdasar info yang didapatkan dari petugas Taman Nasional Batimurung Bulusaraung, Taman Nasional ini memiliki banyak potensi pariwisata salah satunya ialah gua pattunuang dan saluran sungai patunuang yang memotong dua teritori ini.ada juga batu besar yang dipercaya oleh warga sekita sebagai kapal gagal yang membatu (biseang labboro).yang sangat menarik pada taman nasional ini ada unit penangkaran kupu-kupu yang diatur oleh UKSDA sul-sel dan warga setempat tempat ini dipanggil dengan daerah kerajaan kupu-kupu,trdapat air terjun yng tidak kalah menariknya yang selalu ramai di datangi warga khususnya pada saat liburan, dan populasi fauna epidemic sulawesi.

Dengan menyaksikan potensi-potensi yang ada ditaman nasional ini tidaklah aneh beberapa orang tiba untuk berkunjung dan menyaksikan baik dari kelompok warga,mahasiswa dan siswa yang tiba dari Sulawesi, luar Sulawesi bahkan juga di luar Indonesia sendiri.

Gunung Bulusaraung ada di Kecamatan Pangkep dan kecamatan Maros.Untuk capai gunung ini, dari Makassar kita harus naik mobil sampai di desa Tompobulu (desa paling akhir Gunung Bulusaraung) yang berada di Kabupaten Pangkep dengan lama perjalanan ialah sepanjang 3 jam.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama